Resep Tongkol Balado Anti Gagal

Masakan Padang - 25 December 2021, By admin

Tongkol Balado

Tongkol Balado sepertinya wajib coba, selain rasa dan aroma yang menggugah selera, Tongkol Balado mudah dibuat. Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Tongkol Balado, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan tongkol balado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Tongkol Balado:

  1. Sediakan 1 kg ikan tongkol potong2 saya jadinya 6 potong kepalanya saya gak pakai, dan saya sudah bumbui kuning.
  2. Sediakan 50 gr daging sapi potong dadu.
  3. Ambil Bumbu Halus.
  4. Siapkan 10 cabe merah keriting.
  5. Sediakan 4 cabe merah besar.
  6. Siapkan 12 buah bawang merah.
  7. Gunakan 1/4 sdt terasi matang.
  8. Ambil 1 sdt garam.
  9. Gunakan 1 sdt masako sapi.
  10. Ambil 1/2 sdt gula pasir.
  11. Ambil 2 sdt cuka masak.
  12. Sediakan Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng ikan dan menumis sambal.

Cara membuat Tongkol Balado sesungguhnya serupa dengan pembuatan Tongkol Balado pada umumnya. Namun perbedaan dari Tongkol Balado terletak pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana langkah membuat Tongkol Balado ? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal Tongkol Balado yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa menggugah selera kita.

Cara membuat Tongkol Balado:

  1. Goreng ikan tongkol yang sudah dibumbui kuning, saya ambil stokan yg sudah saya bumbui dari freezer, sisihkan.
  2. Ulek kasar atau pakai blender cabe, bawang, terasi dan garam saya mah pake blender aja udh gak sanggup ngulek.
  3. Panaskan minyak goreng lalu goreng daging, ini harus bgt ya pake daging krn kata nenek saya yg bikin sedep sambalnya ini ya minyak bekas goreng daging, dikit aja dagingnya gak harus banyak kok.
  4. Hasilnya kurleb kaya gini ya garingnya ini kebetulan ada stokan yg td buat sambal mah dikit bgt hehehe.
  5. Tumis cabe yg sudah dihaluskan dengan minyak bekas menggoreng daging.
  6. Kalau sudah mulai menyatu dan mulai mengeluarkan minyak masukan gula masako dan cuka masak.
  7. Aduk kembali sampai warna cabe agak tua seperti gambar ini yang artinya sambalnya sudah matang jgn sampai gosong ya.
  8. Masukan ikan dan daging.
  9. Aduk rata lalu matikan api, boleh ditest rasa kalau ada yg kurang bisa ditambahkan.
  10. Angkat sajikan deh siap disantap dengan nasi yang baru matang dr rice cooker dijamin gak bakalan mau jauh2 dr rice cooker hehehe.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Tongkol Balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!