Resep Sate Maranggi yang Enak Banget

Posted on

Sate Maranggi Sate Maranggi Sate khas Purwakarta, Jawa barat ini biasanya dibuat dari daging Kambing atau Sapi. Proses marinasi, dan pemasakan sebelum dibakar membuat sate ini disajikan tanpa saus pendamping. Sate maranggi yang terkenal di Indonesia adalah khas Purwakarta.

Pembuatan Sate Maranggi sebenarnya sama dengan pembuatan Sate Maranggi pada umumnya. Namun perbedaan dari Sate Maranggi terletak terhadap bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Sate Maranggi ? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Sate Maranggi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Sate Maranggi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sate maranggi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sate maranggi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sate Maranggi menggunakan 23 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sate Maranggi:

  1. Ambil 500 gr daging sapi atau daging kambing.
  2. Gunakan Bumbu halus.
  3. Gunakan 6 siung bawang merah.
  4. Siapkan 3 siung bawang putih.
  5. Ambil 1/4 sdt merica bubuk.
  6. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk.
  7. Ambil 2 cm lengkuas muda.
  8. Ambil 1 cm jahe.
  9. Ambil 2 cm kencur.
  10. Sediakan 1 buah cabe merah (sy skip).
  11. Gunakan Pelengkap marinade.
  12. Sediakan 3 sdm air asam pekat.
  13. Sediakan 5 sdm kecap manis.
  14. Ambil secukupnya Garam.
  15. Gunakan Tusuk sate.
  16. Ambil Acar tomat.
  17. Ambil 1 buah tomat, potong2.
  18. Ambil 5 buah cabe rawit merah, uleg kasar.
  19. Siapkan 3 siung bawang merah, potong2.
  20. Siapkan 1 sdm air jeruk nipis.
  21. Siapkan Tambahan.
  22. Gunakan Kecap manis.
  23. Siapkan Irisan kol.
Baca juga :  Resep Empal manis asem pedes Anti Gagal

Sate disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar atau nasi timbel. Sate maranggi pertama yang saya santap adalah yang membuka restonya di Cikampek, sate maranggi Hj. Mba Fina, rekan kantor saya yang membawa kami kesana. Dia sudah beberapa kali bersantap disini dan merekomendasikannya.

Langkah-langkah membuat Sate Maranggi:

  1. Potong2 daging, jgn terlalu tebal biar cepet mateng..
  2. Campur bumbu halus dengan air asam dan kecap. Beri garam secukupnya.
  3. Campur bumbu dengan daging, aduk rata. Diamkan 10menit atau lebih. Simpan di kulkas..
  4. Setelah didiamkan, tusuk daging menggunakan tusukan sate. Bakar di atas bara api sampai matang, sambil dioles2 bumbu.
  5. Acar tomat, campur semua bahan, aduk rata. Tata sate di piring, beri acar tomat, irisan kol, dan kecap.

Kalau Mba Fina bilang enak, saya percaya, karena rekan saya ini sangat picky eater sekali. Sate Maranggi (Tulisan Sunda: ᮞᮒᮦ ᮙᮛᮀᮌᮤ) merupakan makanan khas warga daerah Sunda, Indonesia yang biasa ditemui di Jawa Barat terutamanya di Purwakarta. Kuah sate Maranggi dibuat dari oncom yang menghasilkan citarasa yang unik. Sate maranggi adalah sajian khas dari Jawa Barat dan biasanya ditemukan di Purwakarta. Istimewanya, sate maranggi melalui proses perendaman daging dalam bumbu atau yang dinamakan proses marinasi, sebelum dibuat menjadi sate dan dimasak.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sate Maranggi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Terima kasih bunda Tyas yang telah sudi share Sate Maranggi semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di praktekan bisa untuk acara hajatan atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke teman melalui media sosial , misalnya fesbuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *