Cara Gampang Membuat 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) yang Menggugah Selera

Posted on

137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) Resep ini aku coba pertama kali, dan alhamdulillah enak ūü•į Olahan daging sapi ini bisa dijadiin stok buat nanti sahur/buka puasa loh. Simpan di chiller, kalo mau dimakan, tinggal digeprek lalu goreng deh. Empal daging sapi merupakan salah satu olahan makanan khas Indonesia yang tentunya sudah tidak asing lagi di lidah.

Cara membuat 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) sebetulnya sama dengan pembuatan 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) pada umumnya. Namun perbedaan dari 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) terdapat terhadap bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana langkah membuat 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) ? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu menggugah selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan 137. empal gepuk daging (versi 2) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) menggunakan 17 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2):

  1. Ambil 1 kg Daging Sapi Khas Dalam (belum dipotong).
  2. Siapkan 3 ruas Jahe, geprek.
  3. Sediakan 3 ruas Lengkuas, geprek.
  4. Gunakan 2 sdm Kunyit Bubuk.
  5. Ambil 65 ml Santan Instan (1 bungkus).
  6. Siapkan 2 buah Serai, geprek.
  7. Gunakan 4 lembar Daun Salam.
  8. Sediakan 1/2 kotak Gula Merah, sisir.
  9. Ambil 3 butir Asam.
  10. Siapkan Secukupnya Garam.
  11. Sediakan Secukupnya Air.
  12. Sediakan Bumbu Halus.
  13. Siapkan 5 siung Bawang Merah.
  14. Siapkan 5 siung Bawang Putih.
  15. Ambil 5 butir Kemiri.
  16. Gunakan 1 sdm Merica.
  17. Sediakan 1 sdm Ketumbar.

Ada beragam jenis empal daging sapi yang ada di Tanah Air seperti empal gentong, empal gepuk, empal sambal bawang, dan empal daging serundeng. Dagingnya juga semakin empuk dan enak. Selamat mencoba ^_^ Empal gepuk yaiku panganan khas Sunda kang digawé saka daging sapi kang diiris tipis. Panganan iki diarani empal gepuk amarga nalika nggawé, dagingé digepuk nganti gèpèng.

Baca juga :  Resep Kerang simping tumis kecap, Dijamin Endes

Langkah-langkah membuat 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2):

  1. Cuci cepat daging sapi. Boleh juga ga dicuci, sesuai keyakinan aja hehe (aku dicuci).
  2. Didihkan air. Pastikan jumlah air dapat merendam sebagian besar daging. Masukan gelonggong daging. Aku ga dipotong² kecil dulu, khawatir menyusut setelah dibumbuin..
  3. Rebus daging sapi dengan rumus 15-30-15. Pertama, rebus daging 15 menit, lalu matikan kompor. Diamkan selama 30 menit. Rebus lagi selama 15 menit. Matikan kompor, tiriskan. Rumus ini bener² bantu buat hemat gas dan daging juga cepet empuk huehehe.
  4. Potong daging sapi sesuai dengan selera..
  5. Selanjutnya, aku masih pakai air rebusan tadi yang aku tambahin air, bumbu halus, lengkuas, jahe, kunyit, sereh, daun salam, gula merah, santan dan asam. Berikan garam secukupnya ya, jangan sampe keasinan. Masukkan juga daging yang telah dipotong². Aduk rata..
  6. Masak hingga air menyusut dan daging menjadi empuk dan matang. Jika belum empuk, tambahkan air lagi lalu masak hingga empuk..
  7. Jika sudah matang, matikan kompor dan biarkan hingga hilang uap panasnya..
  8. Untuk stok, aku simpan di kotak kedap udara dengan sedikit bumbunya..
  9. Jika mau langsung dimakan, goreng dengan minyak panas dan api sedang hingga kecoklatan. Saran aku jangan sampe kering ya, biar rasa dagingnya lebih juicy ūü§§.

Empal gepuk padatan dinggo lawuh karo sega, sega timbel, sega uduk, lan sapanunggalé. Bedha saka empal genthong kang diguhake nganggo duduh, empal gepuk disuguhake tanpa duduh utawa garingan. Gepuk (atawa sok disebut ogé empal) nyaéta jinis kadaharan anu bahan poko nyieunna tina daging (ilaharna mah daging sapi), nu saterusna disamaraan ogé dikulub mangjam-jam, geus kitu kakara wéh digoréng. Dina kahirupan sapopoé, gepuk téh kadaharan nu sok disuguhkeun minangka deungeun sangu. Gepuk atawa empal téa anu pangkakoncarana mah nyaéta gepuk asal Kota Bandung, nikakeun ku urang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Terima kasih bibi Andi yang telah sudi share 137. Empal Gepuk Daging (Versi 2) semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di coba bisa untuk acara pesta atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke kerabat melalui media sosial , misalnya ig

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *