Resep Sate Maranggi Anti Gagal

Posted on

Sate Maranggi Sate Maranggi Sate khas Purwakarta, Jawa barat ini biasanya dibuat dari daging Kambing atau Sapi. Proses marinasi, dan pemasakan sebelum dibakar membuat sate ini disajikan tanpa saus pendamping. Sate maranggi yang terkenal di Indonesia adalah khas Purwakarta.

Pembuatan Sate Maranggi sebetulnya mirip dengan pembuatan Sate Maranggi pada umumnya. Namun perbedaan dari Sate Maranggi terletak terhadap bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Sate Maranggi ? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Sate Maranggi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sate Maranggi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sate maranggi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah Sate Maranggi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sate Maranggi menggunakan 15 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sate Maranggi:

  1. Sediakan 250 gr daging khas dalam.
  2. Ambil Tusuk sate.
  3. Ambil Kecap manis.
  4. Ambil secukupnya Garam.
  5. Siapkan secukupnya Gula.
  6. Ambil secukupnya Kaldu bubuk.
  7. Gunakan secukupnya Lada bubuk.
  8. Ambil Bumbu halus.
  9. Gunakan 3 bawang putih.
  10. Sediakan 6 bawang merah.
  11. Gunakan 1 ruas kecil jahe.
  12. Gunakan 1 ruas kecil laos.
  13. Gunakan 1 st ketumbar.
  14. Gunakan 1/2 st jinten.
  15. Sediakan 1 st gula merah.

Sate disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar atau nasi timbel. Sate maranggi pertama yang saya santap adalah yang membuka restonya di Cikampek, sate maranggi Hj. Mba Fina, rekan kantor saya yang membawa kami kesana. Dia sudah beberapa kali bersantap disini dan merekomendasikannya.

Baca juga :  Resep Oseng Buncis Tempe & Dorokdok (Kulit Sapi) / Tumis Buncis Tempe & Dorokdok yang Menggugah Selera

Cara menyiapkan Sate Maranggi:

  1. Siapkan bahan, cuci daging dan potong kotak – kotak kemudian sisihkan.
  2. Haluskan bumbu, bawang merah, bawang putih, jahe, laos, ketumbar, jintan, gula merah kemudian sisihkan.
  3. Campur daging dengan bumbu halus, beri kecap, lada bubuk, kaldu bubuk, gula, garam aduk rata dan perbaiki rasanya. Diamkan hingga 30 menit supaya bumbu meresap.
  4. Tusuk daging dengan tusukan sate.
  5. Panaskan pemanggang teflon, olesi dengan minyak, bakar daging sambil di olesi sisa bumbu rendaman dan tambahan kecap, bolak balik hingga sate mulai sedikit gosong dan matang. Angkat dan sajikan..

Kalau Mba Fina bilang enak, saya percaya, karena rekan saya ini sangat picky eater sekali. Sate Maranggi (Tulisan Sunda: ᮞᮒᮦ ᮙᮛᮀᮌᮤ) merupakan makanan khas warga daerah Sunda, Indonesia yang biasa ditemui di Jawa Barat terutamanya di Purwakarta. Kuah sate Maranggi dibuat dari oncom yang menghasilkan citarasa yang unik. Sate maranggi adalah sajian khas dari Jawa Barat dan biasanya ditemukan di Purwakarta. Istimewanya, sate maranggi melalui proses perendaman daging dalam bumbu atau yang dinamakan proses marinasi, sebelum dibuat menjadi sate dan dimasak.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sate maranggi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Terima kasih bunda Andy yang telah mau share Sate Maranggi semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di coba bisa untuk acara arisan atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke kerabat melalui media sosial , misalnya fesbuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *