Resep Geplak (Kue Khas Betawi), Bisa Manjain Lidah

Masakan Jawa - 29 December 2021, By admin

Geplak (Kue Khas Betawi)

Cara membuat Geplak (Kue Khas Betawi) sesungguhnya serupa dengan pembuatan Geplak (Kue Khas Betawi) pada umumnya. Namun perbedaan dari Geplak (Kue Khas Betawi) terletak terhadap bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana langkah membuat Geplak (Kue Khas Betawi) ? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal Geplak (Kue Khas Betawi) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Geplak (Kue Khas Betawi):

  1. Sediakan 750 gr tepung beras.
  2. Ambil 2 lembar daun pandan, cuci, lap hingga kering, potong2.
  3. Ambil 1 buah kelapa setengah tua, buang kulit arinya, parut.
  4. Gunakan 300 gr (boleh lebih) gula merah, disisir.
  5. Gunakan 1/2 sdt garam.
  6. Siapkan 200 ml santan instant (me, klatu).
  7. Gunakan 200 ml (kurang lebih) air untuk menghandle adonan.

Cara membuat Geplak (Kue Khas Betawi) sesungguhnya serupa dengan pembuatan Geplak (Kue Khas Betawi) pada umumnya. Namun perbedaan dari Geplak (Kue Khas Betawi) terdapat pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Geplak (Kue Khas Betawi) ? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal Geplak (Kue Khas Betawi) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat menggugah selera kita.

Langkah-langkah membuat Geplak (Kue Khas Betawi):

  1. Sangrai tepung beras bersama potongan daun pandan, gunakan api kecil, sangrai hingga matang, ciri2 nya hingga si daun pandan jadi krispi, sisihkan, pisahkan 2 sdm untuk baluran geplaknya nanti.
  2. Sangrai di wajan berbeda, kelapa parut, dengan api kecil, hingga matang kering, dan wangi, ciri2nya tidak ada suara mendesis ketika kelapa di tekan di dasar wajan, tidak ada gumpalan dan bewarna kecoklatan, lalu blender kering hingga halus, sisihkan (kalo ga mau diblender juga ga papa kok😉).
  3. Dalam satu wadah, masukkan tepung beras, gula merah yang sudah disisir, dan kelapa sangrai yang sudah disangrai kering tadi, aduk rata, lalu tuang santan, aduk2 dengan tangan hingga berbutir2.
  4. Tuang air perlahan (jangan tuang semua), sedikit2 sampai adonan kalis di tangan dan bisa dibentuk. Pada tahap ini, silahkan dicicipi sedikit, apakah rasa manis geplaknya sudah pas atau belum (kalo saya sudah pas dengan takaran diatas).
  5. Siapkan cetakan (saya gunakan wadah tupperware), padatkan adonan kedalam cetakan.
  6. Lalu kalo sudah padat, taburi permukaan geplak dengan tepung beras yang sudah kita sisihkan diawal tadi, keluarkan perlahan dari cetakan, taburi juga dasar, sisi2 kue dengan tepung beras, balur permukaan geplak hingga rata.
  7. Simpan dalm kulkas hingga benar2 set, baru dipotong2.
  8. Tips : sangrai kelapa harus benar2 kering, agar hasil nanti geplaknya tidak mudah tengik. Kelapa boleh ditumbuk / diblender, dan boleh juga tidak dihaluskan, kalo saya pribadi lebih suka kasar daripada halus, jadi saya tidak ditumbuk / diblender.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Geplak (Kue Khas Betawi) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!